BLANTERVIO103

9 Tujuan Wisata Terpopuler Di Indonesia

9 Tujuan Wisata Terpopuler Di Indonesia
1/21/2019
Pulau Hoga Wakatobi
Indonesia dikenal sebagai negara kepulaan terbesar, tentunya sangat banyak menyimpan potensi wisata dan keindahan alam yang seakan tak habis-habisnya untuk di kunjungi. Banyak wisatawan lokal maupun dari mancanegara yang datang ke Indonesia karena penasaran dengan keindahan alam dan tempat wisatanya.

Karakter orang-orang Indonesia yang terkenal ramah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.


Tahukah Kamu? 


Dari banyaknya tempat wisata yang ada Indonesia ada beberapa tempat wisata yang paling populer dan paling banyak diminati oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, apa sajakah itu?

Hmmm tak perlu berlama-lama lagi,  Langsung saja simak pembahasan berikut ini. :D

Berikut 9 Tujuan Wisata Terpopuler yang ada di Indonesia:

1. Bali (Pulau Dewata) 
Bali - Indonesia
Siapa yang tidak mengenal Bali..!? Bali atau yang biasa disebut Pulau Dewata ini mungkin menjadi yang paling populer di Indonesia baik bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Banyaknya lokasi wisata yang keren di Bali seperti Pantai Pandawa, Ubud,  Pantai Jimbaran,  Nusa Penida yang terletak di bagian tenggara pulau Bali, dan lainnya, membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi, apalagi pas waktu libur panjang.

Beragamnya lokasi yang indah serta adat budaya yang masih lestari, menjadi magnet tersendiri bagi Pulau Bali.


Rekomendasi buat kamu : Promo Paket Tour Bali 4 Hari 3 Malam


2. Bromo (Gunung Bromo)

Gunung Bromo
Bromo juga tak kalah populer, tempat wisata yang satu ini sangat digemari oleh para wisatawan domestik maupun manca negara.

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur.

Sebagai sebuah objek wisata,  Bromo jadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Salah satu andalan wisata dari Gunung Bromo adalah Lautan Pasir, di alam pegunungan yang sejuk kamu dapat melihat padang pasir dan rerumputan yang luas. Sedangkan yang paling ditunggu dari Gunung Bromo adalah sightview ketika matahari terbit (SunRise) dan terbenam (SunSet) karena akan terlihat jelas sekali dan sangat indah.


Baca Juga : Paket Wisata Bromo Midnight Trip


3. Lombok (Pulau Lombok)

Gili Trawangan - Lombok
Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.

Lombok menjadi populer karena keindahan alam dan pantainya yang indah.


Dari segi pariwisata, Pulau Lombok tidak kalah dengan Pulau Bali. Mempunyai banyak destinasi menakjubkan yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Spot wisata seperti Pantai Senggigi, Gili Meno, Gili Air, Gili Trawangan dan Pantai Kuta menjadi wisata unggulan Pulau Lombok ini. Ditambah dengan adat dan budaya yang masih terjaga dengan baik menjadikan magnet tambahan untuk mendukung sektor pariwisata pulau ini.


4. Raja Ampat

Raja Ampat - Papua
Raja Ampat juga menjadi salah satu tempat wisata populer yang ada di Indonesia, terkenal akan keindahan alam dan bawah lautnya.
Kepulauan Raja Ampat merupakan empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua, Papua Barat. Kepulauan ini menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan bawah lautnya.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan mungkin juga diakui sebagai yang nomor satu untuk kelengkapan flora fan fauna bawah air pada saat ini. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hinga 90% yaitu di selat Dampler (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Sungguh Surga Bawah Laut.


Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini juga menarik bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau nan mempesona dan flora-fauna unik seperti Cendarwasih merah, Cendrawasih Wilson, Maleo Waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek yang menambah keindahan Raja Ampat ini.


Mengunjungi Kepulauan Raja Ampat ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya yang cukup besar.


Baca Juga : Paket PROMO! Tour Wisata Raja Ampat


5. Danau Toba
Danau Toba
Nama Danau Toba tentu sudah tak asing lagi bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara, berstatus sebagai danau terbesar di Indonesia dan juga berstatus sebagai danau vulkanik terbesar di dunia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Danau Toba dikenal sebagai objek wisata utama di Sumatera Utara. 

Danau Toba menjadi salah satu wisata alam andalan dan terpopuler di Sumatera Utara. Danau Toba mempunyai air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekelilingnya, dan udara yang sejuk. Banyak sekali spot yang keren di area Danau ini, diantaranya ada Bukit Simarjarunjung, Air Terjun Sipiso-Piso, Menara Pandang Tele, Bukit Holbung, dan masih banyak lagi.


Di tengah Danau Toba ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Samosir, luasnya kurang lebih 647 kilometer persegi dan menjadi pusat wisata Danau Toba. Untuk menikmati indahnya danau, kamu dapat berkeliling menggunakan sepeda yang dapat disewa. Keliling di sepanjang tepi danau, sungguh kegiatan yang sangat menyenangkan. 

6. Labuan Bajo & Pulau Komodo

Pulau Padar - Labuan Bajo
Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini juga telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke lokasi ini. Kota ini adalah titik singgah bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo. Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo membuat pengelola mendirikan banyak fasilitas tambahan seperti hotel berbintang di Labuan Bajo sebagai upaya meningkatkan kenyamanan para wisatawan.

Dengan wisata unggulan seperti Pulau Padar, Pulau Kanawa, Manta Point, Taka Makassarh hingga Pulau Komodo yang terkenal sebagai habitat asli Komodo, spesies kadal terbesar di dunia. Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik karena habitatnya sudah dijadikan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.


Keindahan alam, pantai dan spesies Komodo nya menjadi daya tari tersendiri bagi para wisatawan.


7. Yogyakarta (Candi Borobudur & Candi Prambanan)

Candi Prambanan - Yogyakarta
Kota Yogyakarta adalah ibu kota dan pusat pemerintahan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta terkenal di tingkat nasional dan internasional, terutama sebagai tempat tujuan wisata andalan di Indonesia. Keanekaragaman upacara keagamaan, dan budaya dari berbagai agama serta didukung oleh kreativitas seni, dan keramahtamahan masyarakat, membuat DIY mampu menciptakan produk-produk budaya, dan pariwisata yang menjanjikan.
Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalah tempat wisata unggulan para wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta, ditambah dengan banyaknya wisat baru di sebelah selatan provinsi ini seperti Pantai Indrayanti yang berada di Gunung Kidul, Puncak Becici dan Mangunan dengan pemandangan eksotisnya dan Goa Pindul sebagai tempat wisata unik khas Yogyakarta.
8. Pulau Belitung (Belitong)
Belitung
Belitung, atau Belitong, dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp). Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.
Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung.
Batu Mentas yang berada di kaki gunung tajam, memiliki potensi yang luar biasa sebagai sebuah destinasi wisata. Keindahan alam baik sungainya yang jernih maupun hutannya yang masih lebat, keunikan flora dan fauna, kehidupan masyarakat lokal dengan sentra kebun nenas dan ladanya, ditambah dengan keunikan seni budaya tradisionalnya serta keahlian masyarakatnya membuat kerajinan anyaman serta rotan, merupakan potensi yang jika dikelola dengan baik akan memberikan dampak positif yang luar biasa baik untuk lingkungan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat. Batu Mentas hanya berjarak 20 menit waktu tempuh dari kota Tanjungpandan.
Pulau Belitung mulai populer di Indonesia saat di rilisnya film Laskar Pelangi yang mengambil latar belakang pulau belitung ini.

Baca Juga : 4 Referensi Wisata Di Belitung Negeri Laskar Pelangi
9. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, dengan skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.


Wakatobi juga menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Indonesai, keindahan pantainya yang menyejukan mata membuat Wakatobi menjadi tujuan para wisatawan.
Taman Nasional Wakatobi menyajikan berbagai jenis biota laut seperti terumbu karang, berbagai jenis ikan, Satwa lain hingga Pulau Hoga yang menawarkan spot snokeling dan juga diving dengan arus laut yang cukup tenang dengan kejernihan air yang menawan.

Nah, itulah sembilan tujuan wisata terpopuler di Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk tujuan liburan kamu selanjutnya. Mana yang ingin kamu kunjungi?  :D
Jika kamu ada rekomendasi tempat wisata yang keren lainnya, silahkan informasikan di kolom komentar ya, supaya saya dan teman-teman yang lain bisa menambah informasi.

Baca juga artikel tentang Wisata lainnya DISINI
Sekian dulu dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat.....!
Salam Pariwisata, dan jangan lupa bahagia :D
Sebagian sumber dikutip dari Darmawisata Indonesia

Share This Article :
Ady Kusanto

Blogger pemula yang masih belajar

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

  1. Wow keren kaka wisata nya... tapi kalau di lampung wisata yang bikin penasaran mah wisata pulau pahawang .. di sepintas info juga ada tuh wisata nya

    ReplyDelete
  2. Indonesia memang sangat banyak lokasi wisata yang sangat indah. Dari beberapa destinasi di atas saya baru berkunjung ke yogyakarta candi borobudur.

    ReplyDelete
1443889163818678297