BLANTERVIO103

Harga Tiket Domestik Mahal, Warga Aceh Memilih Rute Internasional Untuk Terbang Ke Beberapa Wilayah Indonesia

Harga Tiket Domestik Mahal, Warga Aceh Memilih Rute Internasional Untuk Terbang Ke Beberapa Wilayah Indonesia
1/13/2019
Fenomena Penerbangan Domestik Gunakan Rute Internasional.

Mahalnya harga tiket pesawat domestik membuat sejumlah orang di Banda Aceh memilih untuk terbang ke Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya menggunakan rute internasional yakni melalui Kuala Lumpur Malaysia.


Pasalnya harga tiket rute internasional khususnya Kuala Lumpur jauh lebih murah dibanding dengan rute domestik. 
Untuk itu, banyak warga Aceh yang kemudian membuat paspor demi bisa bertolak ke Kuala Lumpur.


Dikutip dari Serambinews.com, Direktur Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin SH adalah satu dari warga Aceh yang membuat paspor untuk bertolak ke Malang.

“Saya harus bikin paspor untuk empat orang, 3 anak dan seorang keluarga lain, padahal saya ingin pergi ke Malang yang masih dalam wilayah Indonesia,” kata Safaruddin Jumat (11/1/2019).

Mahalnya perjalan domestik membuat dirinya memilih untuk menggunalan jalur penerbangan Internasional via Kuala Lumpur untuk menuju ke Malang, Jawa Timur.

Safaruddin menjelaskan jika perjalanan menggunakan rute domestik, maka membutuhkan biaya Rp 4 juta lebih per orang untuk tujuan ke Malang dari Banda Aceh.

Maka untuk enam orang dalam keluarga akan membutuhakn dana sebesar Rp 24 juta.

Sementara harga tiket jalur Banda Aceh - Kuala Lumpur - Surabaya dengan maskapai Air Asia harga tiketnya hanya Rp 950.000 per orang.
Maka untuk perjalanan 6 orang, Safaruddin hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5,7 Juta.

Harga tiket tersebut, kata Safaruddin, sudah dia booking untuk penerbangan bulan Februari 2019.

“Saya bisa menghemat hampir 20 juta Rupiah. Dipotong untuk biaya pembuatan empat paspor sebesar Rp 1.420.000 (Rp 355 ribu per paspor)."
"Lalu potong lagi untuk ongkos bus dari Surabaya ke Malang sekitar 500 ribu, saya masih bisa menghemat sebesar 18 juta Rupiah,” kata Safaruddin.

Meskipun tidak menggunakan maskapai Garuda Indonesia, harga tiket Banda Aceh ke Malang juga berkisar Rp 3 juta per orang.
Sehingga menurutnya pilihan yang tepat untuk menggunakan penerbangan via Kuala Lumpur untuk pergi ke beberapa wilayah di Indonesia dari Banda Aceh.

“Lebih bagus lagi kalau menginap selama satu malam di Kuala Lumpur, bisa jalan-jalan dan belanja di sana."

“Bukannya memberikan layanan khusus kepada rakyat Aceh yang telah menyumbang nenek moyangnya dahulu, Garuda Indonesia malah mencekik masyarakat Aceh. Padahal banyak obligasi milik rakyat Aceh yang belum mereka bayar dengan berbagai alasan,” tukasnya.


Share This Article :
Ady Kusanto

Blogger pemula yang masih belajar

TAMBAHKAN KOMENTAR

1443889163818678297